Pengalaman ke Ragunan Zoo, akhirnyaa ketemu Gorillaaaaa.....

Setiap orang kalo baca judul gue pasti bilang "apaan sih heboh banget, kayak baru lihat gorila aja", YEAH THAT'S TRUE, ini pertama kalinya dalam hidup gue di umur gue yg ke 2* (sensor yakkkk hehe) lihat gorila, karena selama ini gue lihatnya di layar kaca aka tv. wkwkwk kasian banget yahh...

Okee di coretan ini gue bakal ceritain pengalaman gue mengunjungi RAGUNAN ZOO... 

Rabu, 21 Februari 2018 gue emang punya plan mau ke Ragunan sama temen - temen, disini gue yang "agak" maksa sih ngajakin mereka karna gue penasaran banget sama gorila atau harimau putih. Gue tipe orang yang kalo diajak di tempat yang ada binatang - binatangnya pasti excited banget hehehe, menurut gue sih lebih seru ke kebun binatang atau taman gitu daripada harus ke mall..

Ragunan Zoo atau Kebun Binatang Ragunan ini terletak di Jl. Harsono No.1 Ragunan Pasar Minggu Jaksel, dan Ragunan Zoo ini kebun binatang satu - satunya di Jakarta. Buat gue ini adalah ketiga kalinya mengunjungi Ragunan, yang pertama saat gue masih umur 8/9 tahun, sedangkan yang kedua baru tahun lalu, dan yang ketiga sekarang.

Tepat Pukul 10.00 WIB kita sampai di Ragunan Zoo, untuk tiket masuk ke Ragunan gak terlalu mahal hanya Rp. 4000/ orang, namun disini tiket untuk ke Ragunan Zoo bukan berbentuk karcis/tiket kertas melainkan menggunakan Jakcard yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Untuk mempunyai Jakcard kita harus top-up sebesar Rp. 30.000, dan Jakcard tersebut masa berlakunya selamanya asal saldo nya masih ada hehe.


Tak jauh dari Pintu Masuk Ragunan Zoo, ada taman yang merupakan kandang burung Pelikan, jika kita mendekati taman tersebut, kita juga merasa dekat dengan burung pelikan.



Setelah melewati kandang Pelikan, kita melihat Orang Utan. Orang Utan merupakan hewan Primata yang berasal dari Kalimantan. Seperti yang kita ketahui bahwa Orang Utan masuk dalam spesies yang hampir punah karena perburuan liar.


Ragunan Zoo atau Kebun Binatang Ragunan memiliki luas sebesar 140 hektar, maka dari itu Ragunan Zoo merupakan Kebun Binatang terbesar di Jakarta, dan menurut saya hewan - hewan yang ada disini cukup lengkap, yah walaupun gak selengkap di Taman Safari hehe. Oke dengan kawasan seluas itu maka gak mungkin semua kandang hewan kita kunjungi karena waktu juga sangat terbatas dimana jam 5 Ragunan Zoo sudah di tutup. 

Didalam Ragunan Zoo terdapat danau yang namanya adalah Danau Ragunan, disekitar danau tersebut ada tempat teduh yang biasa dipakai pengunjung untuk piknik atau sekedar menghilangkan penat setelah mengelilingi kawasan Ragunan Zoo.


Tak jauh dari Danau Ragunan, ada kandang Buaya Muara. Buaya Muara atau Crocodylus Porosus merupakan buaya terbesar di Dunia.


Setelah dari kandang Buaya Muara, kita mengunjungi kandang Beruang Madu...

 

Karena bakal lama kalo gue ceritain perjalanannya, di Ragunan Zoo kita melihat kandang Aves (burung), Harimau Putih, Harimau Sumatera, Singa, Gajah, Jerapah, bahkan Kerbau Bule hehe. 


Burung Kaka Tua Jambul Kuning

Bulu Burung Merak
Harimau Putih (Binatang Favorit akuuuuu hehe). Jauh2 dari Srilanka nih binatang hehe..

Harimau Sumatera (Binatang Favorit aku jugaa nih). Sayangnya binatang ini termasuk spesies yang hampir punah karena perburuan liar hiks :(

Ini kandang harimau sebenarnya, tp harimaunya jauh banget, jadi cuma bisa foto lingkungannya aja hehe

Singa Afrika (betina), padahal gue pengen liat yang jantan tp gak ada..

Gajah Sumatera, kedua gajah diatas lagi hamil lohhh...
Gajah Sumatera 

Jerapah, Di Kandang itu ada 2 Jerapah yang namanya ada unsur kemerdekaan, gue lupa nama kedua jerapah itu..

Nah... Kalo ini namanya Kerbau Bule (itu gue gak tau apa yang ada disekitar matanya, kayak eyeliner hehe)

Kerbau Bule


Daannnnn setelah mengunjungi hampir semua hewan, kita masuk ke kawasan Pusat Primata Schmutzer di dalam situ isinya berbagai macam jenis primata seperti kera, siamang, dll. Untuk masuk ke Pusat Primata kita dikenakan biaya sebesar Rp. 6000/orang, buat yang saldo JakCard nya banyak kita tinggal tap aja hehe..


Oh iya di kawasan ini spesial lohhh... jadi nanti tas kita harus dititipkan di pusat penitipan karena untuk masuk Pusat Primata tersebut kita DILARANG !! membawa makanan, minuman, dan rokok, kalo untuk kamera bebas kok asal motret biasa yah, kalau mau dokumentasi kayak prewed atau untuk siaran tv bakala dikenakan biaya lagi. 

Pertama masuk Pusat Primata kita disambut oleh Gorilaaaaaaa..... Disini untuk kandang gorila dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya, bener - bener kayak hutan..


Saran gue kalo mau masuk ke Pusat Primata ini sebelumnya pakai lotion anti nyamuk, karena sumpah di dalam situ nyamuknya pada ganas - ganas wkwk... Keluar dari Pusat Primata muka, tangan, dan kaki gue bentol - bentol karena digigit nyamuk...

Di Pusat Primata gak cuma ada gorila aja, banyak primata lain...

Owa

Kera ekor panjang (biasanya yang dipakai buat topeng monyet nih... tp sekarang topeng monyet udah gak ada)

Lutung

gue lupa nama jenis primatanya apa
Setelah puas dan rasa penasaran sama gorilla terobati, kita keluar Pusat Primata Schmutzer (karena gak kuat sama nyamuknya, darah gue manis kali yahh hehe). Depan Pusat Primata ada sebuah patung primata yang menurut gue sangat menarik.


Disekeliling patung tersebut ada tempat meneduh, disini gue dan teman - teman untuk makan siang dan beristirahat (kaki rasanya mau lepas hehe , hiperbola banget yah...). Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB gak kerasa emang kalo udah ditempat seperti itu. Saat beristirahat kita melihat kereta yang mengelilingi semua kandang hewan, dan kita berniat untuk menaikinya karena sudah gak kuat lagi buat jalan. Tapi ternyataaaaaa....... kita harus bayar Rp. 10.000/orang untuk naik kereta tersebut, karena kita anak ekonomi dan bawa duit pas - pasan, jadinya kita gagal naik kereta tersebut dan memilih jalan kaki kembali, capek sih tapi menyenangkan.

Berhubung saat itu cuaca mulai mendung, maka kita memutuskan untuk buru - buru balik karena takut kehujanan dan saat itu pula kita gak ada yang bawa payung hehe.




Sekiannn cerita gue tentang pengalaman mengunjungi Ragunan Zoo.....

See youu di cerita atau pengalaman lain....

Comments

Popular Posts