SETELAH SIDANG SKRIPSI/KOMPRE :)
Haloooo, long time no see
Udah
lama gak bikin tulisan di blog hehe... yapp saya udah lulus dari tahun lalu, tapi
lupa buat update setelah skripsi gimana, karena waktu itu riweuh urus wisuda, buat
jurnal, dan pulang kampung hehe. Awalnya emang gak ada niatan buat nge blog
lagi, tetapi karena ada yang nanya setelah sidang skripsi ngapain jadinya saya buat
tulisan ini untuk informasi ke kalian, maaf apabila tulisan ini tidak se
informatif tulisan sebelum – sebelumnya karena beberapa berkas udah
dikembalikan biar dapat ijazah. Oh iya sekedar informasi juga ini adalah
tahapan yang saya lalui saat selesai skripsi tahun lalu, untuk yang selesai
skripsi tahun ini mungkin ada tahap yang sama, dan mungkin juga ada tahapan
yang berbeda, dan juga jadwal buka loket yang dituju berbeda atau mungkin untuk
saat ini (pandemi) semuanya online.
Oke
gak mau lama untuk berbasa – basi, dibaca yahh J
Ini tahapan2 yang saya lakukan setelah skripsi :
1. Mengurus Bebas Keuangan (skripsi dan kompre)
Untuk yang dilakukan pertama kali, kalian bisa urus
BEBAS KEUANGAN. Cara urus bebas keuangan dengan bawa BLANKO PEMBAYARAN KULIAH
dari semester 1-selesai, dan SURAT JADWAL SIDANG.
Jadwal loket
bebas keuangan (D41 loket 26)
:
Senin jam 13.30 – 14.30 WIB
Selasa jam 13.30 – 14.30 WIB (khusus pengambilan
Pengembalian Uang Kuliah (PUK)
Rabu – Jumat jam 09.30-14.30 WIB (istirahat jam 11.30 – 13.30)
NB : buat yang pembayarannya melalui pecah blanko dan
untuk cicil kedua belum lunas bisa bilang ke bagian loket keuangan untuk ambil
blanko wisuda, tapi untuk beberapa ada yang langsung ambil blanko wisuda di
loket wisuda (loket 19). Meskipun belum lunasin cicil kedua masih bisa ikut
wisuda. (ini untuk tahun lalu yah, untuk tahun ini saya tidak tau bagaimana
kebijakannya apakah tetap sama atau berbeda)
2. Daftar Wisuda (skripsi dan kompre)
Sebenarnya yang saya lakukan kedua kali setelah sidang skripsi adalah bayar wisuda, jadi misal hari ini skripsi besoknya saya urus bebas keuangan dan daftar wisuda (sesuaikan sama jadwal buka loket bebas keuangan dan loket wisuda). Ini saya lakukan kedua kali karena saya tidak melalui tahap revisi (Alhamdulillah gak ada revisi) J.
Syarat
Pengambilan Blanko : Menunjukkan “SURAT
JADWAL SIDANG” dan sudah dinyatakan “LULUS SIDANG” di studentsite.
Syarat Pendaftaran Wisuda : Blanko wisuda yang sudah dibayarkan pada bank DKI (NPM dan NAMA HARUS ditulis “KAPITAL dan JELAS”).
Setelah melakukan pendaftaran wisuda kalian mendapat
2 kertas, yang satu berwarna putih untuk mengambil undangan wisuda (saat gladi
bersih), yang satu lagi saya lupa warna apa untuk ambil toga di depan tempat
tes kesehatan. Pilih sesuai ukuran yah, oh iya kalau bisa bagian lengan baju
dibawah tumit tangan yah, karena waktu wisuda bakal di cek kerapihannya.
Untuk daftar wisuda ini ada periodenya yah, misal sidang bulan juli-september wisuda bulan november, nah untuk yang sidang di bulan oktober maka wisuda di periode selanjutnya.
NB : untuk blanko sudah saya jelaskan di poin nomor 3
yah, kalo yang udah urus bebas keuangan bisa dapat blanko wisuda, tetapi ada
juga yang minta blanko di loket wisuda.
Jadwal loket
wisuda (D41 loket 19)
Selasa dan Kamis jam 09.30 – 15.00
Sabtu jam 09.30 – 11.30
Istirahat jam 12.00 – 13.00
3. Revisi Skripsi
Setelah urus bebas keuangan, melakukan revisi, selesai skripsi kita dapat 3 kertas revisi dari masing – masing dosen penguji, nah selesaikan skripsinya, beda dengan Penulisan Ilmiah (PI) untuk acc revisi skripsi ini sama dosen pembimbing kita bukan lagi sama dosen penguji. Kalau seumpama skripsi kita memenuhi catatan revisi dosen penguji, maka dosen pembimbing akan menanda-tangani surat revisi kita. INGAT!!! JANGAN SAMPAI HILANG SURAT REVISINYA !
4. Membuat Jurnal
Bagi yang disuruh membuat jurnal oleh dosen pembimbingnya sebagai syarat maka kalian sama seperti saya hehe. Untuk yang tidak disuruh kalian bisa skip yah ke tahap selanjutnya. Sebelum hardcover saya membuat jurnal dan jurnal tersebut harus di acc oleh dosen pembimbing. Jika tidak membuat jurnal maka dosen pembimbing saya enggan untuk menandatangani lembar pengesahan skripsi saya. Kalau ada yang bertanya “kenapa kok gak hardcover dulu setelah itu buat jurnal dan minta tanda tangan?” jawabannya karena dosen saya ingin menandatangani lembar pengesahan sebelum hardcover dilakukan yang artinya masih dalam bentuk selembar kertas. Bagi kalian yang mempunyai dosen pembimbing tanpa syarat, Anda SANGAT BERUNTUNG J. Bagi yang mempunyai dosen pembimbing seperti saya yang mengharuskan untuk membuat jurnal, yasudah lakukan toh kalian tidak bisa menolak hehe, ini saya kasih template jurnalnya yah. Format UG Jurnal
Setelah jurnal selesai di acc dan sudah mendapat tanda tangan di lembar pengesahan maka saya langsung HARDCOVER skripsi saya
5. Hardcover
Apabila telah melakukan tahap 1-3 (tanpa membuat jurnal) maka kalian bisa melakukan HARDCOVER pada skripsi kalian. Sekedar info saya melakukan hc skripsi di depan kampus E Gunadarma, tepatnya Ridwan Foto Copy disitu bisa hc dalam waktu 2 jam saja dengan harga Rp. 45.000, kalau untuk semalam Rp. 35.000, rapi pula hardcovernya.
NB : Jumlah hc skripsi tergantung kalian dan dosen
pembimbing, normalnya adalah hanya 1 hc untuk diberikan pada perpustakaan,
kalau saya hc 3, untuk dosen pembimbing, saya sendiri, dan untuk perpustakaan.
6. Registrasi UG Career Center (skripsi dan kompre)
Sambil menunggu hardcover (bagi skripsi) kalian bisa registrasi UG Career Center pada bagian Job Seeker di http://career.gunadarma.ac.id , print barcode untuk ambil SKL dan IJAZAH.
7. Upload jurnal (word dan pdf) dan ppt sidang (pdf)
Bagi yang disuruh membuat jurnal kalian buat 2 file word dan pdf, lalu upload di studentsite bagian penulisan ilmiah beserta ppt dalam bentuk file pdf. Bagi yang tidak disuruh buat jurnal boleh skip. Untuk jurnal jenis penulisannya jurnal, dan untuk ppt jenis penulisannya dokumen presentasi. Setelah upload print bukti upload, dan bawa saat verifikasi.
8. Verifikasi jurnal dan ppt sidang ke loket perpus
Bawa HARDCOVER dan barcode bukti upload, setelah verifikasi maka bukti upload dicap dan dikembalikan ke kita beserta hardcover.
NB : untuk yang masih belum melunasi keuangan kuliah kalian bisa skip tahap verifikasi baik jurnal, ppt, dan skripsi, karena untuk melakukan verifikasi tersebut dibutuhkan surat bebas keuangan, bagi yang belum melunasi tidak mendapatkan surat bebas keuangan.
9. Minta Tanda Tangan Pak Edi (bagian sidang)
Setelah HARDCOVER, kalian bisa langsung meminta tanda tangan Pak Edi di loket 15, dengan membawa :
1. Hardcover skripsi
2. Barcode bukti upload jurnal dan ppt sidang sudah dicap (untuk yang belum melakukan bebas keuangan boleh tidak menyertakan barcode)
3. Surat REVISI 3 lembar yang sudah ditanda tangani dosen pembimbing.
4. Bagi yang ingin hardcover lebih dari 1 dan lembar pengesahannya ingin ditanda tangani oleh Pak Edi, maka selipkan 2 lembar pengesahan pada hardcover kita. Format lembar pengesahan disini yah.
Hardcover bisa diambil kembali 3 hari setelah mengumpulkan hc di loket, kalau ramai bisa sampai 1 minggu, mengambil hardcover dengan membawa KTM atau KRS terakhir.
Jadwal loket pendaftaran sidang D41 Loket 15
Senin, Jumat jam 13.30-14.30 WIB
Selasa – Kamis jam 10.00 – 14.30 WIB
Istirahat jam 11.30 – 13.30
10. Upload Skripsi
Setelah hardcover sudah lengkap tanda tangan dosen pembimbing dan Pak Edi, maka kalian bisa upload file skripsi di studentsite bagian penulisan ilmiah, sebelumnya jangan lupa SCAN LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, dan LEMBAR PERNYATAAN yang sudah di tanda tangani. (kasih foto kita 3x4 di bagian lembar pernyataan). Untuk upload skripsi ini tidak ada barcode. Dan jenis penulisannya SKRIPSI
11. Verifikasi Skripsi
Bagi yang sudah upload file skripsi kalian bisa verifikasi ke loket perpustakaan dengan membawa :
1. Surat Jadwal Sidang yang sudah dicap bebas keuangan.
2. Barcode jurnal dan ppt yang sudah diverifikasi / di cap.
3. Hardcover skripsi
Apabila sudah diverifikasi kita mendapat blanko sumbangan buku sebesar Rp.200.000. Bagi kompre, untuk mendapatkan blanko sumbang buku kalian perlu membawa SURAT JADWAL SIDANG dan KRS terakhir.
NB : untuk yang masih belum melunasi keuangan kuliah kalian bisa skip tahap verifikasi baik jurnal, ppt, dan skripsi, karena untuk melakukan verifikasi tersebut dibutuhkan surat bebas keuangan, bagi yang belum melunasi tidak mendapatkan surat bebas keuangan.
Jadwal Loket Perpustakaan (D31, depan loket UM)
Senin – Jumat jam 09.00 – 11.30 WIB
Sabtu jam 09.00 – 12.00 WIB
Istirahat jam 12.00 – 11.30 WIB
12. Bayar Sumbang Buku di Bank DKI (skripsi dan kompre)
Apabila sudah mendapat blanko sumbang buku, silahkan lakukan pembayaran di bank DKI sebesar RP. 200.000.
13. Mengambil SKL (skripsi dan kompre)
Setelah 3 minggu setelah sidang, kalian bisa ke Kampus D Gunadarma gedung 2 lantai 1 untuk mengambil SKL.
Syaratnya :
1. Surat jadwal sidang asli yang sudah dicap bebas keuangan dan sumbangan buku dan 1 lembar fotocopy surat jadwal sidang.
2. Bukti pembayaran sumbang buku
3. Barcode UG Career
4. Bukti pembayaran wisuda
Jadwal Pelayanan Loket Transkrip dan Ijazah (D21)
Senin, Selasa, Jumat
Pagi : 09.30 – 11.30
Siang : 13.30 – 15.00
Sabtu jam 09.30 – 11.30
14. Ambil Transkrip Nilai / Ijazah (skripsi dan kompre)
Untuk Ijazah bisa diambil kira – kira 3 bulan setelah sidang.
Syarat pengambilan Ijazah :
1. Surat jadwal sidang asli
2. Bukti pembayaran sumbang buku
3. Barcode UG Career
4. SKL (bagi yang mengambil)
5. Bukti pembayaran wisuda asli
Jadwal Pelayanan Loket Transkrip dan Ijazah (D21)
Senin, Selasa, Jumat
Pagi : 09.30 – 11.30
Siang : 13.30 – 15.00
Sabtu jam 09.30 – 11.30
15. Proses Legalisir (skripsi dan kompre)
Untuk melakukan legalisir ini membawa 5 lembar fotocopy ijazah dan transkrip nilai (ukuran kertas A4) dan bawa ijazah/transkrip nilai aslinya.
Tunggu sampai diberi tanda terima dan berkas yang asli dikembalikan. Proses legalisir selama 2 minggu, setelah itu kalian bisa ambil legalisir dengan menyerahkan bukti terima (isi identintas lengkap) yang diberikan ke kita sewaktu memasukkan berkas.
Proses setelah sidang skripsi itu panjaaangggg maka dari itu saya agak males buat tulisan ini. Sekian informasi yang saya berikan, semoga dapat membantu kalian yang sedang bingung untuk melakukan apa setelah skripsi/kompre. Kesimpulannya, berkas yang harus disimpan dan jangan sampai hilang adalah SURAT JADWAL SIDANG, BUKTI BAYAR WISUDA, BUKTI BAYAR SUMBANG BUKU, SURAT REVISI, BUKTI BARCODE UG CAREER. Oh iya saya ingatkan kembali yah untuk tahap-tahap diatas mungkin masih bisa dilakukan ada yang harus konfirmasi kembali, mengingat kita sedang dalam masa pandemi, jadi kemungkinan beberapa loket juga tutup sehingga harus konfirmasi.
Mungkin next time saya akan buat tulisan mengenai cara daftar sidang online skripsi/kompre dan tahap setelah sidang online J. Apabila ada pertanyaan mengenai tulisan ini silahkan email yah restydap13@gmail.com.
bro kalau bukti pembayaran wisud hilang bagaimana ya?
ReplyDeleteSama nih, gimana ya kalau bukti pembayaran wisuda hilang?
Deletekak kalau bukti sumbangan buku hilang gimana itu?
ReplyDeleteminta surat pengganti blanko di bank dki kampus G
DeleteKak maaf mau tanya, kalau semisal skripsi kita nggak kelar disemester 8 itu bayar semester lagi sesuai sks skripsi ya kak? Kakak tau tidak berapa?
ReplyDeleteDan setelah sidang kelar apa kah ada pembayaran lagi kak? Boleh tau nominal nya tidak ya kak?
This comment has been removed by the author.
DeleteBayar bpp semesteran+ sks skripsi si paling tp dipotong biayanya kalo ada kelebihan bayar sks. Btw blankonya ada di studentsite cek aja
DeleteKak klo bukti tf sem 7 ilang tp blanko pembayaran sem 1-8 ada kak, boleh tidak ngurus bebas keuangan?
ReplyDeleteharus cetak blangko ny dulu secara lengkap
DeleteKa berarti bisa ya wisudah dulu walaupun belom kelar revisiannya
ReplyDeletebisa, tp blm bisa ambil ijazah
Deletemakasih infonya, btw kalo pandemi online kyknya agak beda ya procedurenya. semangat pejuang skripsi!
ReplyDeletegan apa bener beda ya ?
Deleteapakah online
Kak kalo ambil skl harus bayar wisuda dulu ya kak? Atau gk wisuda juga bisa?
ReplyDeleteiy harus bayar keseluruhan ny kek sumbangan buku, bebas perpus ampe bayar wisuda
DeleteMau tanya kak klo misalkan blm bayar sumbangan buku tp mau ambil ijazah smbil nunggu tanda tangan pak edi bisa gk sih? Atau minta scane atau pdfnya dulu gt bisa gk sih?
ReplyDeletegak bisa mbaa, kudu dah lunas semua baru bisa ambil ijazah ny
Deleteguyss selama pandemi urus2 ijasah ada yg berubah ga ?
ReplyDeletekak mau tanya kalo surat revisi ilang gimana ya? bisa mintanya sama siapa terimakasih
ReplyDeleteKA ma nanya kalau buat kompre sumbangan buku nya Pi doang yak
ReplyDeleteyup
Deleteka mau tanya, kalau yang belum melakukan registrasi UG Career dikarenakan webnya bermasalah (sudah lebih dari satu minggu ini webnya tidak bisa dibuka). apakah registrasi ug career bisa dilakukan dikampus langsung?
ReplyDeleteterimakasih.
Ka mau nanya untuk minta tanda tangan. Loket 19/20 buka jamberapa ya?
ReplyDeleteKak mau tanya kalo mau ambil ijazah itu email dulu atau langsung dateng aja ya. Terima kasih
ReplyDelete