WELCOME PI (PENULISAN ILMIAH) 😊

Kali ini gue mau share pengalaman gue selama ngerjain PI buat adek2 kelas. Semoga bermanfaat :) ....

Menginjak semester 5, mungkin bisa dibilang semester ini "agak" ribet bagi anak fakultas ekonomi terutama akuntansi (krn gue jurusan akuntansi hehe). Biasanya cuma sibuk kuliah biasa,  praktikum, uts/uu/uas di semester ini spesial krn ada 2 sks yg sedikit menambah kesibukan kita, namanya Seminar Penulisan Ilmiah.

Di Universitas Gunadarma gak ada yg namanya magang/PKL/KKN atau sejenisnya seperti kebanyakan universitas lain, maka dari itu diganti dengan Penulisan Ilmiah yg setara sama sarjana muda (dpt sertifikat looo...)

Sebenarnya Penulisan Ilmiah itu gampang tapi kadang nyebelin, lho kok bisa?  Iya karna semua tergantung sama dosen pembimbing masing2, dan setiap dosen sifatnya beda2 ada yg susah banget buat ditemuin, ada juga dosen pembimbing yg gak mau judul PI nya biasa2 aja aka setara skripsi.

Kalo gue sih untungnya dapet dosen pembimbing yg super baik banget dan gak susah buat ditemuin (dosennya selalu stay di kampus E), yah meskipun awalnya gue sempat bete sama itu dospem karena yg lain (beda dosen pembimbing) pada udah di acc judul PI bahkan udah mulai bab 1, nah gue sendiri judul belum ada yg di acc :(. Dosen pembimbing gue itu tipe dosen yg gak mau judul PI anak bimbingnya biasa2 aja, maunya setara skripsi biar bisa dikembangin lagi gitu PInya. Ini bagus sih karena ntar kita gak ribet cari judul skripsi, tapi balik lagi kalo dosen pembimbing skripsi mau acc itu judul, yee gak?. 

Dan akhirnya kesabaran gue membuahkan hasil, dari 5 judul yg gue ajuin 2 judul di acc, tapi yg gue pilih adalah judul "ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE EVA DAN MVA PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK SEBAGAI TOLAK UKUR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGI INVESTOR"


Kenapa ambil judul itu?.....

Krn menurut gue gak terlalu susah dibandingkan judul gue yg satunya (harus pake software SPSS, guenya blm paham itu software hehe).


Selama ngerjain PI dan bimbingan, ALHAMDULILLAH lancar....

Dalam waktu 1 bulan, gue kelar ngerjain dari bab 1-5, revisi dari dosen pun kagak banyak tp gue blm dftar sidang, krn gue sempat "males"  alasannya waktu itu gue liburan ke Bandung dan ada acara makrab kelas juga,  jadi males bimbingan lagi gitu (jgn ditiru yakk...)

29 Desember 2017, gue dpt surat ACC sidang dari dosen pembimbing,  tp sebelum dpt acc gue disuruh presentasi hasil PI gue ke dosennya mungkin bisa dibilang pra-sidang wkwk. Intinya sih sering2 bimbingan kalo mau cepet kelar, dan satu JANGAN MALES!!....

Setelah dpt surat ACC sidang,  gue persiapin tuh syarat2 buat daftar sidang,  untuk pengalaman sidang PI gue ceritain di halaman selanjutnyaa yaaa krn pasti banyak banget yg diceritain...

Tulisan ini kagak penting sih,  krn isinya cuma curhatan aja,  tp gue pengen share aja siapa tau ada yg bermanfaat hehe..... 



Comments

Post a Comment

Popular Posts