SIDANG PI (Penulisan Ilmiah)....


Lanjutin postingan sebelumnyaaa, kali ini gue mau bahas pengalaman selama sidang PI....

Gue mahasiswi jurusan Akuntansi, jadi disini gue bahas tentang sidang PI khusus Fakultas Ekonomi, tapi menurut gue sih semua fakultas sama mulai dari tahap persiapan daftar sidang sampai selesai sidang.

Persiapan Daftar Sidang PI

1. Setelah PI kelar dan di ACC. Dosen Pembimbing bakal ngasih Surat ACC, Lembar Nilai (biasanya dimasukkan di dalam amplop), dan Surat Isian Sertifikat Sarjana Muda.

Setiap Dosen Pembimbing beda2 yah, gak semua Dospem punya form Surat ACC, Nilai, dan Surat Isian Sertifikat Sarjana Muda. Pengalaman temen2 gue, mereka disuruh buat atau Fotocopy form temen lain yang masih kosong. Disini gue bakal share form2 nya, jadi tinggal download - cetak - isi -minta TTD Dospem deh, gak ribet kan....








2. Bawa syarat2 daftar sidang PI ke Loket 11 (PI - Fakultas Ekonomi) dan urutkan seperti foto dibawah ini :



Kalo udah diurutkan sesuai gambar di atas, tinggal clip aja gak perlu di streples...

Untuk Form Isian Sertifikat SSM butuh foto hitam putih ukuran 4x6 2 lembar,

Ketentuan foto :
Pria : Memakai kemeja putih, berdasi
Wanita : Memakai kemeja putih, untuk yang berhijab warna kerudung bebas (kalo bisa putih)

3. Serahkan syarat2 daftar sidang kepada petugas loket, nanti Surat ACC sidang PI asli di kembalikan ke kita, dan disitu kita bisa tau jadwal sidang dan ruangnya.

NB : Surat ACC sidangPI asli JANGAN SAMPAI HILANG!!!, krn buat ambil sertifikat...


Persiapan Sidang

1. Siapkan PI kita sebanyak 3 eksemplar yang sudah di "soft cover". Saran gue sih print PI (Penulisan Ilmiah) 1 eksemplar aja, nah yang 2 nya fotocopy biar hemat, apalagi buat anak kosan....

2. Print slide PPT (min 5 slide) di transparansi, soalnya masih pake OHP. Kalo bisa inti2nya aja biar gak terlalu banyak slide (isi presentasi : cover, latar belakang, tujuan penulisan, pembahasan, kesimpulan dan saran). Print transparansinya bisa di seberang kampus E Gunadarma, per slide harganya 1500 (bilang ke abang2nya atau mbak2nya mau print pake kertas transparansi/ohp, udah pada tau semua kok)..

Buat yg belum tahu OHP itu apa, seperti dibawah ini yah penampakannya..


                 source : google.co.id


                  source : google.co.id

3. Untuk Pakaian : Pria (Kemeja putih polos, celana hitam bahan) & Wanita (Kemeja putih polos, rok hitam bahan) sepatu bebas. Info aja, kalo bisa kemeja putihnya lengan panjang bagi wanita maupun pria.

4. Yang terpenting adalah siapin atau pelajari materi yang akan dibahas, supaya kita siap jika di beri pertanyaan dan bisa jawab dengan baik.. cmiwww....


Sidang


1. Datang lebih awal kalo bisa 45 menit sebelum jam yang ditentukan, biar kita lebih rileks gak terburu - buru.

2. Biasanya ntar ada dosen yang keluar ruangan megang kertas absen, dan manggil2 misalnya : "untuk ruang B silahkan absen dulu, dan kumpulkan berkasnya", berkas yang dimaksud itu PI 3 eksemplarnya. Nah kalo bisa absennya rebutan yah, karna itu penentu kalian bakal dapat urutan ke berapa.

3. Cek kembali apa transparansinya lengkap, kan lucu kalo tranparansinya kurang atau bahkan salah bawa.

4. Kalo udah giliran kalian, yaudah kalian masuk ruangannya jangan lupa berdoa dan ucapin salam biar sopan. Setiap ruang ada 3 dosen penguji yang akan nguji kita, (beruntungnya saat gue sidang yang nguji dosen pembimbing gue sendiri hehehe)

5. Jangan lupa perkenalkan diri sebelum mulai presentasi.

6. Kalo waktu presentasi biasanya sih dicuekin sama dosen pengujinya, tapi kalo udah kelar pasti akan ditanya, nah kalian jawabnya harus yakin jangan ragu2 nanti malah di cecer oleh dosen pengujinya.

7. Setelah selesai sidang, kita bakal dapat lembar revisian yang tertera nama dan nomor dosen penguji. Lamanya sidang biasanya 15 menit - 30 menit.



SELAMAT REVISIAN....

Kalo udah kelar revisi dan dapat acc dosen penguji, kalian bisa lihat postingan gue selanjutnya tentang tahapan setelah revisi, karna tahap setelah revisi itu ribet pake banget,...

Semoga tulisan diatas bermanfaat dan bisa bantu kalian...

Maafkan bahasa gue yahh, karena gue bukan seorang penulis, disini gue cuma berbagi info aja kok hehe..

Apabila ada pertanyaan mengenai tulisan ini silahkan email yah restydap13@gmail.com. 

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ka, kalo untuk syarat sidang pi itu ga ada aturan ipk nya harus berapa kan ka?

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas info menariknya Kak, sangat menarik...
    Aplikasi Kasir di Android

    ReplyDelete
  4. Apa ada karyawan yg bernama nurul khasanah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts