Tulisan 1 (Pengantar Bisnis)
“CUPCAKES” PELUANG BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN
Siapa
yang tidak mengenal apa itu Cupcake? Semua orang pasti tidak asing mendengar
kata tersebut. Cupcake biasa disebut kue mungil adalah kue yang berbentuk kecil
dan selalu dihias dengan aneka macam toping diatasnya yang membuatnya terlihat
menarik. Kue mungil yang sangat digemari semua kalangan mulai dari anak – anak hingga
dewasa ini awal popularitasnya ada di Amerika Serikat, berkat promosi yang ada
di televisi serta media sosial popularitas Cupcake kini merambah ke ASIA terutama di INDONESIA. Cupcake
bisa dijadikan alternatif sebagai hadiah seperti, ulang tahun, wisuda,
pernikahan, dan lain – lain. Banyak berbagai macam kue yang dijual di pasaran
namun, Cupcake menjadi primadona yang banyak dicari masyarakat karena
keunikannya. Oleh karena itu, muncul berbagai macam bisnis yang memanfaatkan Cupcake
sebagai peluang bisnis mereka.
Salah
satunya CUPCAKES COMPANY, CUPCAKES COMPANY merupakan bisnis Cupcake yang dirintis oleh Medina Aprilia dan
Wynda Mardio sejak bulan Juni 2011. Wynda Mardio adalah sahabat karib sekaligus
partner bisnis Medina dalam menjalankan bisnis CUPCAKES COMPANY. Bagi Medina, ini merupakan ladang bisnis dan hobi, Karena
menjalankan bisnis sesuai dengan hobi membuatnya lebih tahan banting.
Kini,
CUPCAKES COMPANY memproduksi tidak kurang dari 50.000 CupCake setiap bulan. Dengan
harga jual 195.000/ lusin, mampu meraih omzet lebih dari Rp. 100 juta per
bulan. Woww, omzet yang luar biasa sebagai pemula bisnis, bahkan dalam dua
bulan sudah bisa balik modal. Medina mengklaim, Cupcakes buatannya berbeda
dengan kebanyakan Cupcakes yang ada di pasaran. Mereka telah melakukan riset
pasar, dari riset tersebut didapat informasi bahwa mayoritas masyarakat hanya
mengetahui Cupcake dekoratif. CUPCAKES COMPANY tergolong Cupcakes premium
dengan memiliki 28 pilihan rasa. Diantaranya, ada tiramisu, red velvet, vanila,
chocolate banana, dan blue velvet.
Tak
hanya frosting cream yang membuat Cupcake enak dan lembut, tiap Cupcake
memiliki nama yang unik, contohnya : chocolate monster untuk cupcake dengan
adonan krim keju dan cokelat yang ditaburi irisan cokelat. Untuk menambah nilai
jual, CUPCAKES COMPANY membuat kotak kemasannya semenarik mungkin.
Dalam
pemasaran, dulu Medina menggunakan sosial media seperti facebook dan twitter untuk
memasarkan produknya.
Seiring
berjalannya waktu, CUPCAKES COMPANY mempunyai toko di Jl. Cisanggiri II no.16B
Jakarta Selatan, dan tak hanya menjual cupcake saja melainkan banyak produk,
seperti : Pie, Cakes, Cake Pops, Cupcake Bouquet, Cupcake in jar, Pannacotta, Choux, dan Churros. CUPCAKES COMPANY menerima
paket pemesanan untuk acara khusus, misal untuk acara ulang tahun atau pesta
pernikahan. Dari bisnis ini ia bisa meraih keutungan hampir 80% dan juga telah
memiliki karyawan.
Sumber :
Comments
Post a Comment