Tulisan1_MSDM_Mempersiapkan persaingan dengan tenaga asing


Pada akhir tahun 2015 telah diselenggarakannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), MEA telah memberikan perubahan besar bagi Indonesia, karena termasuk negara dengan bagian ekonominya yang bersifat terbuka sehingga secara langsung terkena dampak dari era globalisasi. Dan itu berarti telah dimulainya adanya dalam proses kegiatan ekonomi dan perdagangan antarnegara ASEAN. Tidak hanya persaingan pasar barang maupun jasa, tetapi juga adanya persaingan pasar tenaga kerja. Mahasiswa setelah lulus akan memasuki dunia kerja, tidak hanya akan bersaing dengan tenaga dalam negeri tetapi juga bersaing dengan tenaga kerja asing. Hal tersebut membuat saya memiliki beberapa strategi dalam menghadapi persaingan dunia kerja dengan tenaga asing, yakni sebagai berikut:

Strategi saya yang Pertama adalah saya harus mempersiapkan mental yang kuat, dengan berpikir sedikit terbuka untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga menghindarkan saya dari pola berpikir yang buruk dan agar mental saya lebih mantap dalam menghadapi MEA. Kedua, mempelajari bahasa asing, ini adalah hal yang sangat penting, dengan menguasai bahasa asing memudahkan saya dalam berkomunikasi dengan orang luar negeri. Ketiga, perlunya mengasah skill, tidak hanya hardskill tetapi saya juga harus mengasah kemampuan softskill saya seperti leadership. Seorang pemimpin dibutuhkan dimana saja karena mereka cenderung peduli dengan kemajuan kelompok maupun organisasinya. Keempat, memperluas jaringan komunikasi, saya harus memperbanyak kenalan  dan rajin mengikuti organisasi, karena semakin luas jaringan komunikasi yang saya punya maka semakin besar pula peluang saya untuk mengembangkan karir atau usaha. Dan yang terakhir juga menurut saya sangat penting seperti halnya mempelajari bahasa asing, dengan mempelajari atau menguasai perkembangan teknologi maka saya dapat bersaing dan tidak tertinggal dengan tenaga kerja asing yang negaranya telah memiliki teknologi yang lebih canggih.

Comments

Popular Posts